PADANG – Uskup baru Keuskupan Padang Mgr. Vitus Rubianto Solichin, SX tiba di Padang, Sabtu sore, 11 September 2021. Penyambutan gembala baru ini diawali dari Bandar Udara Internasional Minangkabau (BIM).  Kedatangan Uskup Vitus disambut sejumlah personil Panitia Tahbisan Uskup/PTU di terminal kedatangan domestik BIM.

Seremoni penyambutan Mgr. Vitus dilaksanakan di depan Wisma Keuskupan Jalan Khairil Anwar.  “Saya, Pastor Alex Suwandi, Administrator Diosesan Keuskupan Padang, atas nama umat Katolik Keuskupan Padang mengucapkan selamat datang kepada Bapa Uskup. Terimalah penyambutan umat Katolik Keuskupan Padang. Inilah wilayah Keuskupan Padang dan juga rumah, di mana Bapa Uskup tinggal serta tempat untuk pelayanan. Semoga Tuhan memberkati dan menyertai Bapa Uskup,” ucapnya diikuti pengalungan bunga kepada Uskup Vitus.

Ruas jalan ditutup sementara waktu guna memberi kesempatan penyambutan resmi ini –  sekaligus merupakan waktu perdana uskup baru memasuki Wisma Keuskupan.  Selain sejumlah penari berbusana Mentawai, tampak enam pasangan suami-istri yang mewakili etnis umat Katolik di Keuskupan Padang, anggota panitia, dan beberapa perwakilan umat. Sekitar tiga puluh menit dari BIM, sebuah mobil bernomor plat BA 1527 OW – yang membawa uskup – serta diikuti sejumlah penjemput di BIM tiba di lokasi. Turun dari mobil, Uskup Vitus disambut sejumlah imam, unsur PTU, dan Pembimbing Masyarakat (Pembimas) Katolik Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat sembari diiringi dengan pepatah-petitih yang disampaikan protokol/pembawa acara.

Sebelum memasuki Wisma Keuskupan, Bapa Uskup Vitus, PTU, dan utusan umat ‘menikmati’ tarian khas Mentawai (turuk laggai dan tarian kreasi). Pada kesempatan ini, ditampilkan uliat manyang (kisah burung bangau yang mencari makanan di tepian danau dan saling berebutan) dilanjutkan tarian kreasi yang dibawakan sejumlah mahasiswa Mentawai di Padang. Penyambutan resmi dilakukan Administrator Diosesan Keuskupan Padang (P. Alexander Irwan Suwandi, Pr.) ditandai pengalungan bunga.  Secara simbolis, sejumlah pasutri perwakilan etnis Tionghoa, Flores, Batak, Mentawai, Jawa, dan Nias menyampaikan cendera mata kepada uskup baru.

Setelah upacara penyambutan, Bapa Uskup, PTU, dan perwakilan umat memasuki kompleks Wisma Keuskupan untuk beramah-tamat sejenak. Di ruang makan Wisma Keuskupan, Ketua PTU (P. Robledo Sanchez, SX) juga menyampaikan informasi mengenai PTU dan personalianya. PTU terbentuk lewat SK Administrator Administrator Diosesan Keuskupan Padang tanggal 12 Juli 2021. Dalam sambutan balasannya, Uskup Vitus menyampaikan ucapan terima kasih kepada PTU yang telah mempersiapkan penyambutan kedatangannya ini, sekaligus merasa terharu dengan rangkaian kegiatan yang baru saja dijalani sekaligus ajakan bersama menuju momen tahbisan 7 Oktober 2021. (hrd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *