Sebagai bagian dari keluarga besar umat  Katolik Keuskupan Padang, saya merasa sangat  bangga dan gembira, karena kita telah memiliki gembala yang baik bagi, yakni Bapa Uskup  Mgr. Vitus Rubianto Solichin, SX untuk menggembalakan umat Katolik di keuskupan ini. Tuhan telah mengabulkan doa dan permohonan yang dipanjatkan selama ini, hamper dua tahun, pada setiap Perayaan Ekaristi, ibadat harian, novena dan berbagai bentuk doa lainnya.

Umat memahami seseorang yang dipercayakan menjadi Uskup akan mendapat tahbisan yang tertinggi dalam Hirarki Gereja Katolik. Seorang Uskup diberikan sepenuhnya Sakramen Imamat yang dalam Praktek Liturgi Gereja dan dalam bahasa Para Bapa Gereja disebut Imam Agung, Puncak Jabatan Kudus (LG 21).  Sebagai Umat Katolik  pengikut Kristus sejati di Keuskupan Padang punya tugas dan tanggung jawab bersama dengan Yang Mulia Bapa Uskup dan para pastor di Keuskupan Padang. Tugas dan tanggung jawab tersebut adalah warisan Kristus sendiri, yaitu sebagai Imam, Nabi dan Raja.  Pelimpahan tugas dan wewenang ini diwujudkan dalam tugas dan tanggung jawab pribadi, tetapi lebih khusus dalam persekutuan dengan Gereja sejati yang telah dirintis dan diwariskan Para Rasul  – dipimpin Rasul Petrus.

Menyadari dan menghayati warisan kepemimpinan Gereja para rasul dari dulu sampai sekarang, tetap ada dan hidup sebagai tradisi Gereja yang nyata dan jelas. Kita  lihat dalam Hirarki dan pelayanan  Gereja Katolik. Kita sebagai Keluarga besar Umat Katolik Keuskupan Padang dengan penuh keyakinan dan percaya – setelah dipilih dan diangkatnya Mgr. Vitus Rubianto Solichin SX – beliau dapat melanjutkan karya-karya Kristus di Keuskupan Padang ini untuk menggembalakan, mengajar, membimbing umat Tuhan agar Gereja dan Umat Katolik Keuskupan Padang menjadi bersatu, mandiri dan berbuah dengan iman, harapan dan kasih Kristus yang berlimpah.

Mari  kita berdoa, bersatu, bersama-sama mendukung  Bapa Uskup Mgr. Vitus  menjadi  gembala yang baik untuk mengembalakan umat Katolik se-Keuskupan Padang ini agar menjadi lebih maju,  bertumbuh,  berbuah dalam iman, harapan, dan kasih.  Saya sampaikan proficiat untuk Mgr. Vitus yang bersedia memberikan segala hidupnya untuk melayani umat Katolik di Keuskupan Padang.  Saya kutip naskah kitab Suci Injil Mat. 16:18 “Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan Jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Selamat menjalankan tugas Bapa Uskup. Tuhan memberkati.

Henrikus Jomi,S.Ag.MM
Pembimbing Masyarakat Katolik Kantor Kementerian Agama Wilayah Provinsi Sumatera Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *