Terpilihnya salah satu warga, konfrater Serikat Misionaris Xaverian Indonesia sebagai Uskup Padang, sebagaimana telah disampaikan dalam pengumuman yang dibacakan Administrator Diosesan Keuskupan Padang pada tanggal 3 Juli 2021: Bapa Suci telah memilih konfrater P. Vitus Rubianto Solichin, SX sebagai Uskup Padang.

Tentu saja, hal ini bukan hanya menggembirakan bagi kami, Keluarga Besar Serikat Misionaris Xaverian Indonesia saja, tetapi terlebih lagi bagi Keuskupan Padang. Kelak Pastor Vitus – bersama dengan para imamnya di Keuskupan Padang – bisa lebih mengembangkan  Gereja yang lebih hidup. Itu juga menjadi harapan saya, seabgaimana juga kutipan Kitab Suci, “Akulah pokok dan kamulah ranting-rantingnya…” (bdk. Yoh. 15:1-5). Maka, kalau kita ikuti kutipan Kitab Suci tersebut, berarti Tuhan sebagai pokok anggur dan kita (uskup, para imam dan bersama umat) pasti akan bisa mengembangkannya dan berbuah. Suatu hal yang menggembirakan ini semoga menggembirakan umat, imam, dan bekerja sama untuk membawa Kristus kepada banyak orang.

Tentu suatu hal yang menggembirakan sekaligus membanggakan Serikat Misionaris Xaverian Indonesia tatkala salah satu konfraternya terpilih sebagai seorang uskup. Dulunya juga pernah ada, yakni Mgr. Raimondo C. Bergamin, SX (alm). Setelah terpilih dan didapat seorang uskup, sebagai provincial, saya berharap terjalinnya kerja sama. Uskup punya tugas untuk menghidupkan, mengembangkan, karena ia adalah raja, imam, dan nabi. Karena itu, bila ada kerja sama umat dengan uskupnya, imam dengan uskup; maka tugas-tugas penggembalaan tersebut akan menjadi lebih mudah dan dikembangkan. Apalagi bila ada hal-hal yang dapat dikembangkan bersama-sama dengan lebih jelas.

 

P. Antonius Suhud Budi Pranoto, SX
Provinsial Serikat Misionaris Xaverian Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *