“Pengalaman paling seru tatkala saya bergabung dalam Seksi Komunikasi Sosial/Komsos Paroki St. Maria A Fatima Pekanbaru! Setidaknya, ada dua pengalaman paling berkesan sebagai bagian Komsos Paroki, yakni saat peliputan momen upacara pemakaman almarhum Uskup Martinus (November 2019) dan tahbisan uskup baru silam (Oktober 2021),” ungkap Rizky Simonsius Sirait (23).

Lelaki kelahiran Pekanbaru, 27 Februari 1998 ini mengaku tidak mengetahui banyak hal mengenai aktivitas komsos. Perkenalan awal anak ketiga 4 bersaudara dari pasangan RM Sirait dan Selmina Tampubolon (alm) ini saat pertemuan Seksi Komsos Paroki se-Keuskupan Padang (2019). Saat itu, Rizky diajak Koordinator Komsos Paroki, Nico Situmorang, mengikuti pertemuan tersebut. “Usai pertemuan, saya mulai memahami ikhwal aktivitas komsos. Saya merasa ada tanggung jawab bisa berkarya di komsos paroki. Pandai sekali Bang Nico ini. Saya diutusnya agar bisa menjadi bagian seksi komsos. Kini, saya menjadi satu dari 19 personil komsos paroki. Suatu saat menjadi operator live streaming, kameraman, editor video, dan pekerjaan lainnya,” ungkap Rizky lagi.

‘Kecintaan’ terhadap dunia komsos semakin kuat tatkala Rizky diikutsertakan lagi pada pertemuan Signis Tahun 2020 yang berlangsung di Padang. Sebelum pandemi Covid-19, mahasiswa semester IX Fakultas Hukum Universitas Riau ini mengaku peran komsos sempat dipandang sebelah mata. Mantan Ketua OMK Stasi Santo Michael Pembatuan (2018-2021) ini berucap, “Pandemi menyebabkan peran komsos mulai dikenal umat, terutama lewat kegiatan siaran langsung (live streaming).”

Selain di ‘dunia komsos’, penggemar olah raga futsal dan bermain kamera foto maupun video ini juga terlibat sebagai anggota bidang Hubungan Masyarakat/Humas LP3KD Kota Pekanbaru (2018-2023) dan anggota Bidang Humas Dewan Pimpinan Daerah/DPD “Vox Point” Riau. Sesuai dengan perkuliahannya, Rizky dipercaya sebagai Koordinator Hukum dan HAM Pemuda Katolik Komisariat Cabang Pekanbaru. Walau banyak aktivitas, namun Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)-nya stabil. Diakuinya, terkadang, saat beberapa aktivitas berlangsung bersamaan dengan jadwal perkuliahan, namun banyak pengalaman di luar kampus diperoleh dan mengenal banyak pihak. (hrd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *