PEKANBARU – Kalau biasanya berdoa dilaksanakan di dalam rumah, gereja atau kapel, Wanita Katolik RI Ranting Santa Maria Pekanbaru membuat inovasi baru. Bertempat di area wisata “Asia Heritage” Rumbai Pekanbaru, anggota ormas perempuan Katolik ini meng­adakan ” Doa Rosario Outdoor Trip Asia Heritage”, Sabtu (6/11).
Karena masih masa pandemi, setiap peserta saat hadir registrasi melakukan protokol kesehatan dengan pengukuran suhu tubuh dan mendapatkan vitamin. Panitia juga menyediakan masker dan hand sanitizer bagi peserta yang memer­lukannya. Penanggung­jawab kesehatan kegiatan ini dr. Saverin Julia menyatakan pelaksanaan prokes ini untuk memastikan semua peserta dalam kondisi sehat.

Koordinator kegiatan ini Fransisca Juliana menyatakan “Doa Rosario Outdoor Trip Asia Heritage” ini baru pertama kali dilaksanakan di organisasinya. Kalau biasanya, umat berdoa Rosario di lingkungan gereja atau rumah umat, kegiatan ini dilak­sanakan di area terbuka, dikemas sambil berekreasi mengunjungi dan berada di tempat wisata. Fransisca Juliana menambahkan kegiatan ini secara internal bertujuan untuk memberi suasana baru dan energi positif untuk lebih mempererat persaudaraan sesama anggota Wanita Katolik RI Ranting Santa Maria. Selama masa pandemi anggota ormas ini jarang bertemu untuk meng­ada­kan kegiatan bersama. “Secara eksternal kegiatan ini untuk memperkenalkan organisasi kami keluar dan membuka pandangan dunia luar bahwa berdoa bisa juga dilakukan dengan sambil berekreasi. Secara tidak langsung kami juga memperkenalkan tempat-tempat wisata di Pekanbaru. Sebelumnya, tim kami melakukan observasi tempat yang tepat bekerja sama dengan banyak pihak”, katanya.

Sementara itu, Ketua Wanita Katolik RI Ranting Santa Maria Pekanbaru, Mewi Rosary menambahkan bahwa wujud doa tidak mengenal ruang dan waktu. Kegiatan ini diharapkan bisa membuka wawasan siapa saja bahwa berdoa itu bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. “Lewat doa rosario bersama di alam terbuka ini kami ingin berbaur dan menyatukan diri dengan alam, sehingga dapat membangkitkan energi positif dalam diri yang memberikan semangat baru, sahabat hati dalam berkarya dan aktif berkegiatan,” katanya.

Kegiatan “Rosario Outdoor Trip Asia Heritage” ini mendapat respon positif dari Pastor Paroki Santa Maria a Fatima Pekanbaru yang juga penasehat rohani ormas ini, P. Emilius Sakoikoi, Pr. dan Suster Mediatrix Ronga, JMJ serta Sahabat Hati Wanita KRI Ranting St Maria. Pastor Emil yang ikut serta dalam kegiatan ini dan memberikan siraman rohani menyatakan kegiatan bernilai positif dan bermanfaat maka perlu diagendakan secara berkala. “Saya juga berharap lewat berbagai kegiatan lebih membina persahabatan satu sama lain baik sesama anggota dan warga masyarakat. Pengurus hendaknya lebih berkreasi dan berinovasi dengan berbagai kegiatan yang lebih menarik dan bermanfaat.” katanya.

 

Humas Wanita Katolik RI Ranting St. Maria Pekanbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *