Takkala banyak orang masih pulas tidur, Atanasius Joe Maagdenberg (15) telah berada di kolam renang. Sehari, Joe –  panggilannya berlatih dua kali; pukul 04.30 dan 16.30 WIB. Hal itu dilakukannya sejak berumur sebelas tahun, sebagai pelajar SD Yos Sudarso Padang, hingga kini. Mulanya, Joe merasa berat menjalani hal itu, namun lama-lama terbiasa.  Pemuda kelahiran Padang 2 Mei 2006 ini menyukai olah raga renang sekaligus mengurangi ketergantungan ‘bermain’ smartphone. Pelajar kelas X MIA SMA Katolik Xaverius Padang ini berkisah, atas ajakan teman ayahnya, dirinya bergabung di Women Swimming Club (WSC).

Mulai tahun 2018, anak kedua 3 bersaudara pasangan Yimmy Mathias dan Tri Yulianti Taileleu menjajal kemampuan berenangnya.  Pada laga pertamanya, di ajang  kejuaraan antarklub se-Sumatera Barat (2018), Joe meraih satu medali perunggu. Pada ajang yang sama tahun berikutnya (2019), remaja yang berkeinginan menjadi tentara ini menyabet satu medali perak. Di tahun yang sama, saat sebagai pelajar SMP Maria Padang, Joe meraih tiga medali perak pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat SMP. Tahun 2021, Joe meraih satu medali emas, dua medali perak, dan tiga medali perunggu pada Riau Open Championship se-Sumatera (2021).

Pertengahan Desember 2021 silam, Joe menyabet empat medali perak pada Pekan Olah Raga Kota Padang – utusan Kecamatan Kuranji. Empat medali tersebut untuk kategori 200 meter gaya bebas, 100 meter gaya bebas, 100 meter gaya dada, dan 100 meter gaya kupu kupu. Tidak lama berselang, pada Kejuaraan Renang Bupati Sijunjung Cup/BSC (18-19/12), Joe menggondol 11 medali dari 12 mata lomba renang saat itu. Ia meraih 4 medali emas dan 7 medali perak. 

Sebagaimana layak remaja lainnya, selain pencapaian sejumlah prestasi olah raga renang, Joe menjalani peran dan tanggung jawabnya sebagai pelajar. Untuk mengejar ketertinggalan pelajaran karena sibuk lomba, Joe mengikuti les pelajaran. Joe mengaku prestasi akademiknya biasa-biasa saja. Namun, Joe merasa senang dan bangga karena latihan yang dijalani telah menampakkan hasil. “Saya harus lebih giat dan disiplin agar bisa jadi lebih baik lagi!” katanya. (hrd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.