SIKALABALUAN & BETAET  – Pengurus Dewan Pengurus Daerah (DPD) Wanita Katolik RI Sumatera Barat mendampingi Konferensi Daerah Cabang (Konfercab) perdana dua cabang di Kepulauan Mentawai. Kedua cabang yang terbentuk tiga tahun lalu adalah Wanita Katolik RI Cabang Stella Maris-Betaet, Siberut Barat dan Konfercab Wanita Katolik RI Cabang St. Maria Auxilium Christianorum-Sikabaluan, Siberut Utara.  “Meskipun konfercab perdana berlangsung sesuai alur yang ditetapkan Konggres Nasional 2018. Anggota cabang  cepat mema­hami petunjuk Dewan Pengurus Daerah (DPD),” ucap Ketua Presidium Wanita Katolik RI DPD Provinsi Sumatera Barat, Theresia. Ditambahkannya, “Ang­gota cabang dan ranting sangat antusias mengikuti konfercab. Mereka tampak sangat berse­mangat  dan  bahagia dikunjungi. Demikian pula dengan pastor paroki setempat. Pastor Abel misalnya, sangat mendorong dan mendukung berbagai kegiatan cabang dan ranting. Bagi DPD sangat senang karena sekali turun ke lapangan bisa hadir dan mendampingi dua konfercab pada waktu nyaris bersamaan. Rekan Presidium I dan Presidium II ikut serta.”

Utusan Wanita Katolik RI Cabang St. Fransiskus Asisi-Padang, Sisil yang menyertai kunjungan kerja DPD Provinsi Sumbar, menjelaskan konfercab dua cabang ini (Betaet dan Sikabaluan) berlangsung dalam rentetan waktu dekat. Setelah tiba dan beristirahat sejenak di Paroki Sikabaluan, Sabtu (15/1), rombongan lengkap DPD ikut hadir dalam konfercab Wanita Katolik RI Cabang Sikabaluan. Ketua Presidium Wanita Katolik RI DPD Sumbar membuka Konfercab ini. Pada kesempatan ini, berlangsung pemilihan pengurus baru cabang Sikabaluan. Kornelia Tasiribeddei terpilih sebagai ketua dan Egawati Sikaraja menjadi wakil ketua. 

Esoknya , Minggu (16/1) pagi, rombongan DPD Sumbar menempuh perjalanan laut menuju pusat paroki Stella Maris-Betaet untuk membuka dan mendampingi konfercab perdana. Prosedur dan prosesi konfercab yang sama juga berlangsung di kompleks gereja dan pastoran paroki. Selain menerima dan mengesahkan laporan pertanggungjawaban kepengurusan perdana serta verifikasi laporan keuangan dan penyusunan program kerja, peserta konfercab melangsungkan pemilihan pengurus baru cabang masa bakti 2022-2025. Rahel terpilih sebagai ketua dan Ice Diana sebagai wakil ketua Wanita Katolik RI Cabang Betaet. Di cabang ini pun, konfercab berlangsung hingga larut malam.

Informasi yang didapat dari narahubung GEMA, Bartolomeus T. Tapondhaddhai, selain dalam rangka konfercab pertama Cabang Betaet, tim DPD memberikan pembekalan kepada anggota dan pengurus baru terpilih. Tim DPD juga berkunjung ke gereja Stasi Simalibeg – yang baru diberkati Bapa Uskup Vitus – dan berdoa di Goa Maria di kompleks gereja Stasi St. Petrus, Simalibeg-Simatalu (17/1).   Di cabang Betaet terdapat 2.507 anggota Wanita Katolik RI pada delapan ranting. Di Cabang Sikabaluan terdapat 124 anggota di empat ranting. Bartolomeus menginformasikan rencana program kerja pengurus baru cabang Sikabaluan adalah seputar lingkungan hidup (menanam sayur dan tanaman obat keluarga), radikalisme, disiplin,  dan pendidikan karakter jujur. Wanita Katolik RI Cabang Sikabaluan dan Betaet ini terbentuk berbarengan tiga tahun silam. Konfercab perdana pun berlangsung waktu bersamaan. (hrd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.