Kebijaksanaan pada manusia usia lanjut (manula) selaras dengan adanya kondisi mental yang sehat. Kriteria sehat mental antara lain memiliki pengetahuan diri, penerimaan diri, harga diri, kepercayaan diri, mampu mengendalikan dan mengembangkan diri, dan memiliki kemauan untuk berhubungan dengan orang lain baik secara interpersonal maupun sosial.

Terdapat tiga aspek penting mencapai kearifan di masa tua. Pertama, memiliki rasa kepuasan dalam hidup (life satisfaction). Walaupun memiliki banyak kekurangan dalam diri, namun tetap merasa puas dan bersyukur. Kedua, memiliki keterbukaan dalam hidup (openness the experience), yaitu kemampuan mau belajar dari orang lain. Ketiga, memiliki kebermaknaan hidup atau berharga.

Openness juga termasuk mengomunikasikan rasa sakit yang dirasakan baik, secara fisik maupun psikologis. Hal tersebut bukanlah sesuatu yang perlu dipendam sendiri. Justru, dengan adanya keterbukaan dapat menjadi salah satu media tercapainya kesehatan mental dan kebijaksanaan.

Selalu positive thinking terhadap suatu hal yang akan terjadi dan ketika suatu peristiwa tidak sesuai dengan kehendak. Harus dihadapi dengan sabar, evaluasi, dan menerima apa adanya. Manusia tidak ada yang sempurna. (ist)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.