SANTA MARIA PEKANBARU – Kedatangan wartawati Metro TV Santa Cicilia Sinabariba ke Pekanbaru tidak disia-siakan Tim Komsos Paroki Santa Maria a Fatima Pekanbaru. Tim Komsos mendaulat Cicilia memberikan pelatihan jurnalistik singkat kepada Tim Komsos Santa Maria, Minggu (6/2).

Pelatihan singkat ini untuk meningkatkan keahlian Tim Komsos dalam meliput dan menyampaikan informasi mengenai berbagai kegiatan yang berhubungan dengan Gereja. Selain Tim Komsos yang kebanyakan orang muda, pelatihan ini juga dikuti Agnes Nurhalima Hutapea perwakilan SD Santa Maria Pekanbaru, Nina C. Suprapto perwakilan Wanita Katolik Republik Indonesia, Rita Endang perwakilan Seksi Liturgi (Komisi 1) DPP Santa Maria A Fatima Pekanbaru.

Cicilia yang telah 4 tahun menjadi reporter stasiun televisi swasta Metro TV ini membagikan pengalaman dan membagikan trik-trik dalam membuat liputan atau berita. Cicilia menjabarkan secara singkat teori mengenai jurnalistik. Beberapa poin penting dalam meliput kegiatan yang diutarakan yaitu pentingnya mengkonfirmasi kebenaran dan asal usul isi berita sebelum disebarluaskan agar tidak ikut serta dalam menyebarkan berita palsu (hoaks). “Semua berita wajib bersifat baik dan benar, berisi fakta dan data, serta mencakup berbagai pandangan dan pernyataan dari nara sumber,” katanya.

Selain membahas seputar teknik penulisan berita, Cicilia juga membagikan cara berwawancara. Salah satu yang mesti dilakukan sebelum melakukan wawancara adalah melakukan riset atau menggali informasi tentang narasumber. Hal lain yang perlu diperhatikan dalam berwawancara adalah membangun suasana menyenangkan, mendengar dengan seksama, merespon setiap jawaban dari narasumber mengenai topik yang dibahas. Cicilia juga berharap pewartaan Komsos yang dilatar belakangi komitmen dan kebanggaan akan pelayanan memberikan manfaat bukan hanya untuk umat dan kalangan internal Gereja, tetapi juga menjangkau kalangan eksternal Gereja.

Pastor rekan Romo Bonar Sina­bariba, Pr. yang mendampingi kegiatan ini menyatakan penting­nya bagi Tim Komsos untuk meningkatan kualitas peliputan dan konsistensi dalam menyam­paikan berita yang berhubungan dengan berbagai pihak, seksi, dan ormas Katolik terkait Gereja pada media sosial milik Gereja.

Ketua Seksi Komsos Paroki Santa Maria a Fatima Pekanbaru Asterius D. Situmorang menyata­kan meskipun pelatihan ini singkat namun sangat bermanfaat. Hal ini terlihat dari antusiasme peserta saat bertanya dan menyampaikan kesulitan yang dialami selama ini dalam mempublikasikan suatu berita. Asterius berharap peserta semakin bersemangat menjalankan karya komsos, terutama dalam meliput kegiatan dan membuat ber
ita sehingga aktivitas Gereja diketahui sebanyak mungkin orang. (anh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.