Medsos kini menda­tangkan rezeki bagi Yohanes ­Men­drofa (29). Pandemi yang serba membatasi, membuatnya berkreasi. Akibat di-PHK, Jo – panggilan berkreasi melalui medsos dan mendatangkan cuan (uang). “Saya bermedsos bukan sekedar scroll, upload foto dan video!” kata anak kesembilan dari 11 bersau­dara pasangan Tagoli Mendrofa dan Fatilina Zebua ini.

Aktivis Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Santa Maria Bunda Yesus Pa­dang ini sejak tiga tahun ini menjadi pembuat konten (content creator) di platform Tiktok. Akun Tiktok miliknya dengan pengikut (followers) hampir 152 ribuan dan 1,2 juta pemberi tanda suka serta tayang 304 kali. Atas prestasinya, Warga Rayon St. Yusuf Ari­mate Wilayah St. Markus ini menda­patkan penghasilan hampir tiga kali lipat Upah Minimum Regional (UMR) Kota Padang, jauh lebih banyak dari gaji di tempatnya bekerja sebelum di PHK. “Kini, saya tidak bisa meninggalkan Tiktok, karena sudah masuk ke dalam manajemen dan terdaftar sebagai content creator dari Tiktok Official Indonesia,” ucap pendaki gunung yang gemar bermed­sos ini.

Alumni SMP Negeri 35 Padang (2008) ini berkisah tayangan tiktoknya lebih dominan tarian (dance). Kini pihak mana­jemen minta dibuatkan chal­lenge, komedi, edukasi sehingga harus punya ide lebih banyak lagi. Setiap content creator mendapat­kan tawaran masuk manajemen (agensi), selanjutnya diberi peker­jaan membuat konten yang harus mena­rik lebih banyak viewers, up to date dan menjadi tren. “Seka­rang sudah ada konten menunggu di-upload agensi,” ungkapnya.

Kini medsos menjadi sumber penghasilan, sekaligus untuk menya­lurkan hobinya menari. Tahun 2016, menjadi perwa­kilan lomba nasional di Jakarta. Aktivitas Jo di lingkungan Gere­ja tidak diragukan lagi. Ia aktif kelom­pok koor dan petugas liturgi (lektor, dirigen, pemazmur). Ia pernah bekerja di bagian percetakan Komisi Kateketik (Komkat), setahun di Cari­tas Keuskupan Padang. Ia pernah meng­ikuti berbagai iven tari, casting, dan model. Mulai Maret 2022 lalu, Jo bergabung dalam Tim Komisi Kepe­mu­­daan (Komkep) Keuskupan Padang. (hrd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.