Hingga akhir Juni 2022, umat Paroki St. Fransiskus Xaverius Dumai belum mendapatkan kunjungan pastoral Bapa Uskup Vitus Rubianto Solichin, SX. Kami sangat merindukan kunjungan kegembalaan ini. Puji Tuhan, menurut jadwal Bapa Uskup akan berkunjung ke Paroki Dumai dan Paroki St. Petrus dan Paulus Bagansiapiapi pada 10-14 September 2022.

Perihal ulang tahun imamat Bapa Uskup pada 7 Juli 2022, saya tahu dari Redaktur GEMA. Tatkala tahu momen ini, saya berharap dan mendoakan Bapa Uskup tetap setia pada panggilannya sebagai seorang imam (pastor), selalu menjadi ‘role model’ atau contoh bagi para imam lain dengan karakter bersahaja (low profile) dan serta bersahabat dengan semua orang. Dua puluh lima tahun menjalani panggilan hidup sebagai imam (pastor) merupakan waktu yang cukup panjang. Maka, hal ini dapat menjadi teladan dan dapat menumbuhkan ‘jawaban’ atas panggilan bagi umat Katolik, khususnya orang muda di Paroki Dumai dan Keuskupan Padang untuk mengikuti jejak Bapa Uskup. Keberadaan dan kehadiran seorang imam selalu membawa kedamaian bagi umat semua. Umat sangat merindukan seorang imam atau uskup yang kebapakan, benar-benar mengayomi, menjadi contoh dalam bersikap dan perbuatan.

Saya belum pernah berjumpa langsung dengan Mgr. Vitus. Tetapi, dengan melihat semua kegiatannya, lewat GEMA ini saya menitipkan ucapan selamat atas ulang tahun perak tahbisan imamat. Saya pun mendoakan yang terbaik buat Bapa Uskup, dalam pelayanan dan diberi kesehatan selalu. Tentu, tidak hanya pada ulang tahun perak (ke-25) tahbisan imamat, namun juga pasti didambakan Uskup Vitus dapat menjalani 30 tahun, 40 tahun, 50 tahun tahbisan imamatnya di waktu mendatang. Maka, umat pun selalu berdoa untuk hal demikian. Demikian juga untuk para imam lain, terutama di Keuskupan Padang. ***

Alexander Sofjan
Umat Paroki St. Fransiskus Xaverius Dumai, Riau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.