Dalam rekrutmen tenaga kerja ini, pihak perusahaan sepertinya tidak main-main. Utusan perusahaan, Revan datang ke Padang untuk bertemu dan menjemput calon pekerja. Dirinya pun mem­buka ruang diskusi, dialog sembari melaku­kan prosedur rekrutmen tenaga kerja – termasuk pemeriksaan kesehatan (medical check up/MCU) yang biayanya ditanggung perusahaan. Dengan mengutus pegawainya, pihak perusahaan menunjukkan itikad baik dengan langsung menemui calon pekerjanya.

Seharusnya, para peminat khususnya di kalangan pemuda Mentawai tidak ragu-ragu, kalau ada apa-apa, orang yang dimintai pertanggungjawaban jelas. Perusahaan tampaknya tidak ada tipu-tipu atau pemberi harapan palsu (PHP) atas postingan di medsos itu. Hal ini menyangkut penjagaan kredibilitas dan nama baik perusahaan.

Revan mengakui memang ada pengalaman buruk yang dialami orang-orang yang bekerja di perusahaan perkebunan, bahkan ada yang tidak menerima gaji meski telah empat hingga enam bulan bekerja. Status kepegawaian tidak jelas, karyawan atau buruh harian lepas (BHL). Begitupun mekanisme rekrutmen calon pekerja juga tidak jelas. Menurut Revan, biasanya hal itu dialami pekerja perusahaan alih daya (out­sourcing) yang sekedar memenuhi kebutuh­an tenaga kerja perusahaan. Status per­usahaan penerima pekerja semacam sub­kontrak. Alih daya merupakan pemindah­an pekerjaan (operasi) dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Hal ini dilakukan untuk memperkecil biaya produksi atau memusat­kan perhatian pada hal utama dari perusa­haan tersebut. “Memang kerap terjadi perusahaan seperti ini hanya mengejar tar­get, merekrut sembarang calon pekerja.

Bagi perusahaan seperti ini yang penting uang kontraknya. Bahkan terkadang, uang telah dibayarkan perusahaan (fee), namun pekerja yang diinginkan tak kunjung tiba di perusa­haan! Upaya kami langsung bertemu dan ‘mengurus’ calon pekerja sebagai solusi agar tidak terulang kejadian pengalaman pahit dari orang-orang yang sangat membutuhkan pekerjaan,” katanya. (hrd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.