Di Paroki St. Petrus Rasul Padangpanjang, Sumatera Barat belum ada program atau rancangan kegiatan pendampingan bagi keluarga muda. Begitupun aktivitas pendampingan bagi keluarga senior. Kerap muncul alasan kesibukan dari tiap keluarga (muda maupun senior), berkaitan pekerjaan dan pengurusan anggota keluarga.

Sebagai Seksi Kerasulan Keluarga, kami menyesuaikan dengan situasi umat. Untuk Kursus Persiapan Perkawinan (KPP), kami bergabung dengan Paroki St. Petrus Claver Bukittinggi. Kaum muda yang berniat ikut KPP mendaftarkan diri lewat para ketua rayon dan selanjutnya ke pastor paroki.

Selama ini, kegiatan Seksi Kerasulan Keluarga Padangpanjang berupa Doa Rosario di gereja setiap hari Minggu. Sebelum misa pagi, kami melaksanakan Doa Rosario yang dipimpin satu keluarga (ayah, ibu, dan anak). Kegiatan ini untuk menciptakan kedekatan di dalam keluarga. Untuk melaksanakan kegiatan adakalanya muncul kendala, karena berlangsung pagi hari. Beberapa keluarga tidak bisa memimpin,  karena repot mengurus anak-anak. Di Padangpanjang, Misa pukul 08.30 WIB, doa Rosario mulai pukul 08.00 WIB.

Selain itu, setiap minggu terakhir setiap bulan, kami melaksanakan Perayaan Ekaristi dengan intensi ‘ulang tahun pernikahan’ (wedding anniversary). Pada saat ini, pasangan keluarga yang merayakan ulang tahun pernikahan pada bulan itu membaharui janji pernikahannya dalam misa. Tujuannya agar setiap pasutri mengingat kembali janji pernikahannya sehingga semakin harmonis, langgeng selamanya. Biasanya, banyak pasutri etnis Batak mengikuti misa wedding anniversary ini pada bulan Juni dan Desember. Sesuai kebiasaan orang Batak memilih waktu pernikahan.

Bagaimana antusias umat? Kadang, karena sudah lama berumah tangga, punya banyak kesibukan mengurus anak sehingga pasutri lupa masa-masa awal dan sebelum berumah tangga.  Alhasil sewaktu mengucapkan pembaharuan janji perkawinannya, wajah pasutri terlihat lebih ceria dan banyak senyum, apalagi mengingat kenangan masa lalu. Antusiasme dalam Doa Rosario di gereja, mulanya minim partisipasi umat – karena mesti datang lebih awal. Namun, akhir-akhir ini, kehadiran umat makin meningkat. Selain itu, untuk mengingat adanya momen Tahun Keluarga, doa Tahun Keluarga selalu didoakan di gereja.

Risda Sihotang
Anggota Seksi Kerasulan Keluarga DPP St. Petrus Rasul Padangpanjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *