Setiap manusia pasti melewati fase kehidupan: lahir, remaja, dewasa, menua, dan akhirnya meninggal dunia. Setiap fase memiliki fokus dan prioritasnya. Saat remaja berfokus pada pendidikan dan pencarian jati diri. Ketika dewasa fokus pada karir dan keluarga. Saat menua kembali berfokus pada diri sendiri, setelah sekian tahun berjuang dan memikul tanggung jawab keluarga. Tatkala di usia tua, jadi lebih arif, welas asih dan bermakna. Lebih rajin beribadah dan seksama menjaga kesehatan, senang mencari ketenangan batin, serta berinteraksi dengan orang lain.

Berikut tips yang bisa menjadi komitmen seseorang di masa lanjut usia (lansia):

  1. Setelah mencintai orangtua, saudara, pasangan, anak-cucu, kinilah saatnya mencintai diri sendiri.
  2. Dunia tidak lagi berada di pundak generasi lansia dan menyadari punya keterbatasan. Saatnya berbagi beban dan tanggung jawab.
  3. Bermurah hati dan menjadi lebih sabar.
  4. Tidak terusik maupun mengusik kesalahan orang lain. Semakin sadar tidak ada manusia yang sempurna dan luput dari kesalahan. Ketenangan lebih berharga daripada kesempurnaan.
  5. Memberi pujian dengan tulus ikhlas. Pujian adalah penambah suasana hati, tidak hanya bagi penerima tetapi juga bagi si pemberi. Tidak besar kepala atau jumawa saat menerima pujian.
  6. Lebih berfokus menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari ketimbang fokus pada penampilan.
  7. Menghargai emosi diri sendiri. Tidak malu mengekspresikan rasa sedih dan gembira, kaget, takjub karena emosi itulah yang menjadikan saya menjadi manusia seutuhnya.
  8. Lebih baik melepaskan ego daripada memutus persahabatan. Mengutamakan ego menjauhkan kita dari sahabat. Dengan menjaga persahabatan, kita tidak akan pernah mengalami kesendirian.
  9. Selalu berpikir seakan-akan hari/kesempatan terakhir sehingga saya tidak menyia-nyiakan untuk selalu melakukan kebaikan dengan cara-cara yang baik.

Melakukan apa saja yang membuat kita bahagia. Kitalah penanggung jawab atas kebahagiaan diri sendiri. Kita bisa bahagia dengan cara apa saja dan kapan saja, asal tidak menyikut orang lain. (ist)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *