KATEDRAL PADANG – Ada yang berbeda di Gereja Paroki Katedral Padang, Sabtu (4/2) sore. Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Katedral St. Theresia dari Kanak-kanak Yesus mengenakan busana khas berbagai etnik, antara lain Tionghoa, Batak, Flores, dan Jawa. Rombongan ini menyambut kedatangan Salib Pra- Indonesian Youth Day (IYD) III 2023 Kevikepan St. Petrus Sumbar – Kerinci dari OMK Paroki St. Fransiskus Assisi Padangbaru. Umat terlihat antusias menyaksikan “Pesta Orang Muda” ini. Momen ini bagian rangkaian Kirab Salib di Keuskupan Padang bertemakan “Bangkit dan Bersaksilah”.

Rombongan OMK Paroki Padangbaru yang membawa Salib serta beberapa bendera ini disambut tarian etnik Tionghoa. Dalam rombongan ini ikut serta Parokus, RP. Petrus Hardiyanto, SX. Prosesi serah-terima Salib Pra-IYD III Kevikepan berlangsung sebelum Perayaan Ekaristi. Saat serah-terima, perwakilan OMK Paroki St. Fransiskus Assisi Padangbaru (Eriko Marcelino Gea) menyerahkan Salib Pra-IYD III kepada Parokus Katedral Padang (RD. Matheus Tatebburuk) yang selanjutnya diserahkan kepada Ketua OMK Paroki Katedral Padang (Putra Pangestu). Momen ini menjadi perayaan bagi kaum muda, apalagi para petugas liturgi didominasi orang muda.

Dalam homilinya, RD. Matheus mengingatkan, “Kirab salib bukanlah estafet melainkan penyebaran! Kirab Salib dilaksanakan agar Salib dan Yesus dikenal semua orang melalui berbagai ajaran yang disampaikan-Nya; misalnya cinta kasih, penebusan, pengampunan, dan segala yang baik. Hal inilah yang disebar pada momen kirab salib, sebagaimana  pertama kali dilakukan Paus Yohanes Paulus II (alm). Ketika memberikan salib kepada orang muda, paus yang kini berstatus santo ini berkata inilah salib yang bisa kuberikan kepadamu. Bawalah dan wartakanlah arti dari salib itu sehingga semua orang bisa mengenal-Nya.”

Kepada kaum muda, RD. Matheus mengingatkan kaum muda adalah ‘garam dan terang dunia’! “Seperti bahan makanan, garam bisa digunakan untuk mengawetkan dan memberikan kelezatan pada olahan makanan agar tidak menjadi hambar. Ibarat garam, orang muda diharapkan mampu mempengaruhi situasi hidup yang majemuk, tidak kehilangan identitas sebagai orang Katolik. OMK harus memberikan sesuatu yang berguna, sehingga enak dinikmati banyak orang. Kaum muda adalah juga ‘pelita dan terang dunia’. Orang muda mesti diletakkan pada tempat yang tinggi dan tepat agar pelita itu berguna dan bisa menerangi sekitarnya. Di mana pun, orang muda harus menjadi berkat, mampu memperlihatkan serta mempertahankan identitasnya sebagai ‘terang dan garam’ bagi orang lain,” ucap RD. Matheus lagi.

Acara ramah-tamah berlangsung usai Perayaan Ekaristi agar semakin mengakrabkan OMK Paroki Katedral dan Padangbaru. Serangkaian aneka gerak, lagu, dan permainan kelompok mengisi ramah-tamah ini. Di kesempatan yang sama, anggota rombongan OMK Padangbaru membagikan pengalamannya selama Salib Pra-IYD III 2023 berada di parokinya. T yang terdiri dari tiga wilayah (Pasar Usang, Tabing, dan Pusat Paroki/Wilayah I dan II).

Ketua Panitia Kirab Salib Paroki Katedral Padang, Clara Fransiska Morietta Manalu menyatakan sharing tentang tantangan yang dihadapi dan upaya OMK Padangbaru menyikapinya dapat menjadi referensi OMK Katedral Padang ketika melaksanakan kegiatan serupa. Selama dua minggu Salib Pra-IYD III 2023 Kevikepan ini ‘berdiam’ di Paroki Katedral Padang (4-18/2), tambah Morietta, berlangsung berbagai aktivitas OMK Paroki Katedral; misalnya kegiatan 1000 Lilin (5-17/2), Doa Novena/Rosario (Senin-Jumat), Rekoleksi dan Pendalaman Iman (11/2), dan Kunjungan ke Panti Jompo (12/2).

Sementara itu, perwakilan OMK Padangbaru, Malvin Maru’ao berterima kasih atas sambutan hangat OMK Paroki Katedral Padang. “Semoga pengalaman kebersamaan ini makin mempererat kita saat jumpa kembali dalam berbagai kegiatan selanjutnya. Semoga kita bisa terus berkolaborasi dengan baik!” ucap Malvin. Ujaran senada disampaikan Ketua OMK Paroki Katedral Padang, Putra Pangestu, yang berharap melalui Kirab Salib Pra-IYD ini terbina relasi OMK antarparoki. (bud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *