PADANG – Perayaan Natal Paroki St. Maria Bunda Yesus Padang berlangsung meriah dan khidmat. Perayaan Ekaristi dua hari berturut-turut (24-25/12) dihadiri seribuan umat. Tema Natal 2022 “Maka Pulanglah Mereka Ke Negerinya Melalui Jalan Lain.” (Mat 2 : 12) dengan sub tema “Damai Natal Membawa Sukacita Bagi Keluarga”.

Misa Malam Natal (24/12) dipersembahkan pastor paroki, P. Bernard Lie, Pr. Ikut hadir sejumlah umat Stasi St. Stefanus Sungaipisang, Stasi St. Theresia Sago dan Balaiselasa Pesisir Selatan. Dalam homilinya, P. Bernard menyampaikan pesan Natal, “Dalam damai Natal, kita diajak makin bijak dan cerdas bermedia sosial, semakin kreatif mewartakan kasih, setia memegang nilai-nilai moral dan etika di dunia maya; sehingga kasih Allah semakin terpancar dan damai sejahtera semakin nyata. Jalan-jalan kreatif yang ditawarkan media sosial sepantasnya kita manfaatkan sebagai sarana pewartaan agar mampu menggerakkan banyak orang menjadi duta-duta kasih serta pelopor perdamaian, pembawa sukacita di lingkungan keluarga supaya Yesus mau tinggal dan lahir di tiap keluarga, membuka pintu hati dan jendela hati kita, sebab ini adalah peristiwa iman yang harus diwujudnyatakan dalam hidup sehari-hari.”

Sementara itu, pada homili Misa Kudus Perayaan Natal (25/12), pastor rekan, P. Philips Rusihan Sakti, Pr. mengatakan “Semoga dalam menyambut dan merayakan Hari Natal, kita sungguh merasakan kasih-Nya, Allah Sang Kasih selalu bersama dengan kita, Imanuel artinya Allah beserta kita. Ia tidak pernah meninggalkan kita dalam keadaan apa pun (bdk. Ibr. 13:5). Semoga pesan tiga raja ‘yang pulang melalui jalan lain’ menyebabkan kita berani hidup dengan cara baru; misalnya mengurangi pembakaran sampah dan tidak membuang sembarangan. Mari kita mulai mencintai bumi dan melestarikan lingkungan.”

Usai Misa Natal pagi minggu tersebut berlangsung pembukaan rangkaian kegiatan Oktaf Natal (26-31/12) ditandai ‘peletusan’ balon oleh pastor paroki. Oktaf Natal dilaksanakan setelah misa sore di halaman paroki. Sebagian kegiatan diadakan pada 25 Desember 2022, berupa aneka lomba, sumbangan acara dari stasi dan wilayah; serta pembagian paket Sinterklas untuk anak-anak. Di kesempatan ini, parokus mengajak umat bergembira dan bersukacita dengan mengikuti aneka lomba yang disiapkan panitia, yakni Lomba Koor WKRI, Vokal Grup Keluarga, Solo Song, Tiktok Christmas, Tari Kreasi Modern, Mewarnai, Make Up Keluarga, Masak Nasi Goreng Keluarga, serta Fashion Keluarga Kudus – bertepatan Tahun Keluarga Keuskupan Padang.

Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua Panitia Pelaksana, Erwin Mewaa Sihura berharap agar rangkaian kegiatan yang diprogramkan dapat menumbuhkan semangat kebersamaan dan rasa syukur umat paroki. Panitia juga melakukan kegiatan berupa Aksi Sosial Natal, berupa pembagian sembako untuk umat yang membutuhkan, bingkisan Natal bagi umat penerima Komuni Kudus di rumah, serta doorprize Natal setiap hari dalam masa Oktaf Natal. Mewaa juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, termasuk anggota Kepolisian RI Sektor Padang Selatan. Mewaa pun menyatakan tidak menduga tingginya antusiasme umat pada perayaan Natal kali ini. “Tidak disangka. Di luar perhitungan panitia, karena ruangan gereja, aula paroki, lantai dua paroki, hingga halaman paroki umat membludak. Terjadi kekurangan kursi tempat duduk umat,” ungkapnya.

Tatkala dimintai komentarnya, Anggota Inti Dewan Pastoral Paroki (DPP) Tadeus Eliakhi Gea mengapresiasi kegiatan Natal Tahun 2022. “Kepanitiaan pun mengikutsertakan warga Orang Muda Katolik (OMK) dan umat bekerjasama. Patutlah kita bersyukur pada Tuhan karena perayaan Natal bisa terlaksana pasca pandemi Covid-19,” ujarnya. (Ben)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *