“Saya bersyukur bisa melayani sesama. Sebagai pengurus gereja, relasi serta pengalaman saya bertambah, dari bagi (sharing) pengalaman sesama pengurus – orang terpanggil dan terpilih. Hal ini sangat bermanfaat tatkala saya menjalani kehidupan ini,” ucap salah satu umat Rayon St. Yosef, Stasi St. Ambrosius Tabing, Paroki St. Fransiskus Assisi Padang, Erwin Haryanto Simarmata (27).

Sekretaris I Dewan Pastoral Paroki (DPP) Harian masa bakti 2023-2026 ini mengisahkan awal keterlibatan menggerejanya. Putra sulung tiga orang bersaudara pasangan Kardiman Simarmata (alm.) dan Bunga Sitohang ini mengungkap permintaan mantan parokus, P. Robledo Sanchez, SX agar dirinya menjadi anggota DPP Harian. Dirinya tidak serta-merta memberikan jawaban. Butuh waktu beberapa hari. Akhirnya, perekam medik RS Yos Sudarso Padang ini menerima permintaan tersebut. Penggemar hobi travelling dan bernyanyi ini menjadi sekretaris di pertengahan masa bakti kepengurusan DPP. Kala itu, sekretaris DPP tiba-tiba mengundurkan diri.

Alumni Jurusan Rekam Medis Akademi Perekam dan Informasi Kesehatan (Apikes) Iris Padang (2018) menyadari tanggung jawab yang besar tatkala menerima tugas sebagai sekretaris DPP masa bakti 2020-2023.  Ia pernah menjadi sekretaris rayon, seksi liturgi stasi, seksi kepemudaan paroki, dan masih terlibat aktif sebagai dirigen. Pemuda kelahiran Padang 1 Juni 1995 yang pernah dipercaya sebagai Ketua OMK St. Laurentius Stasi Tabing ini mengatakan, “Saya mesti belajar banyak hal, karena sekretaris sebelumnya tidak memberikan pembekalan yang memadai. Saya belajar mandiri terkait pengarsipan surat-menyurat, membuat notulen rapat, dan menyiapkan bahan pertemuan/rapat. Saya menyerap pembelajaran dari pengalaman tersebut bahwa semua itu mesti dijalani, meski melalui proses tidak mudah, penuh suka duka, serta sadari diri punya banyak kekurangan.”  (bud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *