PADANG – Uskup Padang, Mgr. Vitus Rubianto Solichin memimpin Misa Syukur Ulang Tahun ke-59 PSKP Santu Yusuf Keuskupan Padang, Minggu (19/3). Perayaan Ekaristi secara konselebrasi diikuti sejumlah imam. Dalam Misa Kudus ini, Bapa Uskup menyaksikan serah terima jabatan Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) PSKP Santu Yusuf Padang masa bakti 2023-2027.

Perayaan Ekaristi berlangsung di Kapel Santu Yusuf. Pada kesempatan ini hadir para penasihat, jajaran badan pengurus pusat dan cabang-cabang  serta seluruh anggota. Berhubung keterbatasan ruang kapel, Perayaan Ekaristi juga diikuti anggota perkumpulan di lantai dasar Gedung Santu Yusuf melalui tayangan monitor.

Pada salah satu bagian sambutannya jelang penutupan misa, Uskup Vitus menceritakan pengenalan dirinya dengan perkumpulan ini. “Sebagai kelompok yang membantu umat yang berkesusahan – khususnya dukacita saat ada  keluarga yang meninggal dunia. Selain itu, perkumpulan ini juga merangkul semua umat Katolik yang berlatar belakang suku berbeda. Bahkan, perkumpulan ini merangkul masyarakat yang berbeda agama dalam kegiatannya. Terlihat saat perkumpulan ini memberi bantuan yang diterima serta menyalurkannya pada semua kalangan yang membutuhkan. Lain waktu, PSKP Santu Yusuf juga membuat aksi donor darah dan buka puasa bersama. Ini adalah kekuatan kita, persaudaraan dan kekeluargaan yang tampak dalam perkumpulan ini, seperti betul-betul perpanjangan tangan Gereja dan Bapa Uskup untuk menjangkau saudara-saudari yang tak seiman,” ungkap Uskup Vitus.

Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua Umum BPP (2015-2019, 2019-2023), Andy Kurniawan mengatakan, “Kehadiran, sukacita, kesehatan rohani dan jasmani kita miliki pada momen ini merupakan penyertaan dan kasih Tuhan yang tak terbatas dan tanpa pamrih. PSKP Santu Yusuf menerapkan sikap pelayanan tanpa pamrih bagi gereja dan masyarakat, sejalan dengan keutamaan Santu Yusuf, pelindung perkumpulan. Kepada BPP yang baru dilantik, saya ucapkan selamat. Semoga BPP periode baru ini dapat bertugas dengan kasih yang cerdas, bekerja keras, melayani dengan setulus hati dan ikhlas.

Di kesempatan sama, Ketua Umum BPP masa bakti 2023-2027, Tjandra Gunawan mengaku bahwa firman ketaatan dan kesetiaan menjadi daya dorong baginya dalam menerima mandat sebagai ketua umum BPP. “Saya bersama jajaran DPP telah berjanji setia dalam mengemban tugas pelayanan ini. Berkat yang diterima dari tangan Bapa Uskup kiranya memampukan kami melanjutkan segala karya yang baik di perkumpulan ini. Saya juga mengajak anggota perkumpulan agar setia memenuhi kewajiban sebagai anggota, serta berpartisipasi aktif di dalam perkumpulan, baik dalam kegiatan bersifat sukacita maupun penghiburan dan duka cita,” ucap Tjandra.

Usai Misa Kudus, para penasehat, dewan penyantun, dewan pertimbangan, jajaran BPP serta umat merayakan ulang tahun ke-59 perkumpulan. Di kesempatan ini, semua bernyanyi “Selamat Ulang tahun” dan sejumlah pengurus meniup lilin di atas kue yang telah disiapkan panitia. Kegiatan dilanjutkan santap malam bersama dan permainan dengan hadiah yang menarik. (bud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *