Di Paroki Keluarga Kudus Pasaman Barat, Seksi Komunikasi Sosial/Komsos Paroki merupakan seksi yang berada dalam koordinasi bidang Pewartaan – yang menyelenggarakan pelayanan pastoral paroki di bidang pewartaan – khususnya lewat media elektronik, cetak dan media sosial. Seksi ini dibentuk pada 12 Juli 2022.

Seksi Komsos melaksanakan tata pelayanan pastoral dalam bidang komunikasi sosial, untuk mewartakan Injil dalam aneka macam karya kerasulan. Kami bekerjasama dengan para awam berperan dalam penggunaan media (cetak, elektronik, dsb) dan teknologi informasi komunikasi sebagai wujud kesaksian tentang Kristus.

Dengan adanya Seksi Komsos Paroki, maka diharapkan seluruh pemangku kepentingan Gereja bisa saling tahu dan saling mengerti apa yang sedang terjadi di lingkungan paroki saat ini. Meski sebatas layanan di bidang audio-visual saja terdiri tiga orang sebagai Seksi Komsos Paroki, kami berupaya sebaik mungkin menjalankan tanggungjawab yang telah dipercayakan. Kami memberi masukan kepada umat arti penting Seksi Komsos Paroki. Saya dibantu Ignasius Acep Sutomo dan Bernadus Eko Sutikno.

Bagi saya pribadi, Komsos itu ‘pastoral digital’ dengan pewartaan Gereja melalui media, berfungsi sebagai sarana informasi serta pewarta gereja di bidang informasi. Saya berkontribusi di Seksi Komsos karena ketertarikan saya terhadap dunia digital (fotografi dan videografi). Ada panggilan khusus bagi saya, sebagai penggiat media, menjadi bagian dari Gereja sebagai pewarta. Banyak hal yang saya dapatkan selama setahun sebagai Seksi Komsos yakni bertumbuhnya relasi di lingkup Gereja begitupun dengan pengalaman seputar dunia digital bertambah.

Dalam satu tahun usianya, Seksi Komsos paroki belum memiliki banyak perkembangan. Dalam hal pengambilan dokumentasi masih kurang baik, belum adanya komputer sebagai media pendukung. Selain itu, masih terasa masih minimnya dukungan umat terhadap karya komsos. Disebabkan belum adanya sosialisasi tentang karya pelayanan komsos kepada umat. Selain itu, tidak adanya media sosial tersendiri milik Seksi Komsos Paroki. Saya kerap mempublikasikan hasil dokumentasi di akun media sosial saya sendiri. Tidak dipungkiri, sumber daya manusia (SDM) kami sebagai Seksi Komsos Paroki masih terbatas. Kami harus banyak belajar lagi agar hasil liputan bisa lebih baik lagi.

Seksi Komsos Paroki berencana menghadirkan program pendampingan untuk perkembangan komsos paroki. Tujuannya, kelak, Seksi Komsos Paroki dapat lebih baik memublikasikan informasi seputar Gereja. Kami akan memerhatikan kemampuan jurnalistik agar liputan Komsos Paroki lebih baik. Kami ingin mengajak umat mendukung dan menyadari bahwa Seksi Komsos Paroki merupakan ‘perpanjangan tangan’ gereja lokal/setempat dalam pewartaan Kabar Gembira. 

Fransiskus Septian Fixnaldo
Seksi Komsos Paroki Keluarga Kudus Pasaman Barat)/and.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *