PADANG – Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Santa Maria Bunda Yesus Padang menyambut kedatangan Salib Pra- Indonesia Youth Day (IYD) III Palembang 2023, dari OMK Paroki Santo Petrus Apostolus Padangpanjang, Senin, (10/4) sore, di halaman gereja. Rombongan tamu disambut tarian khas etnis Nias, Tari Moyo, dan ucapan selamat datang oleh Dewan Pastoral Paroki (DPP) dan para ketua rayon. Setelah itu, dilanjutkan theme song OMK Keuskupan Padang “Gerakkan Hati”.

Saat penyambutan, Pastor Paroki P.Bernard Lie, Pr. mengatakan, “Mari bersukacita merayakan Salib Pra-IYD  III Palembang 2023! Senang sekali kita berjumpa dalam pertemuan OMK dua paroki ini yang  pasti memberi semangat. Kita bersyukur Salib Pra-IYD III Palembang 2023 yang telah tinggal seminggu di Paroki Padangpanjang. Salib ini akan lebih lama tinggal di paroki ini (10-28 April 2023). Boleh dikatakan, kami ini paroki dan OMK kelompok kecil di Padang dibanding paroki lain, sehingga kami punya motto ‘non multa sed multum’ (bukan seberapa banyaknya tetapi kualitasnya). Carilah persahabatan dalam beberapa jam ini, terus bangun relasi dan perkenalan sesama OMK.”

Serah-terima salib Pra-IYD III 2023 berlangsung dalam Perayaan Ekaristi yang dipimpin P. Bernard Lie, Pr. bersama Pastor Paroki Santo Petrus Apostolus Padangpanjang, P. Enrique Sanchez Vazquez, SX. Dalam homilinya, P. Bernard mengatakan, “Gereja sangat memperhatikan pembinaan OMK, supaya orang muda punya dasar iman dan kesetiaan pada Gereja. Banyak orang muda terbawa arus pada kehidupan modern. Pada zaman Yesus pun sudah ada berita bohong (hoaks). Kutipan Injil Matius 28:11-15 misalnya, kepala imam Yahudi memaksa orang memberitahukan berita yang tidak benar, bahwa Yesus tidak bangkit, jenazahnya dicuri dan diberikan uang untuk memberitakan berita bohong itu. Orang muda masa kini yang banyak berkecimpung di media sosial paling sering mendapat berita hoaks, yang terkadang memengaruhi kehidupan beriman.  Saya memberi singkatan (baru) OMK, yakni Optimis, Mandiri, dan Korban.”

Serah-terima Salib Pra-IYD III Palembang 2023 berlangsung dari OMK Paroki Santo Petrus Apostolus Padangpanjang, diwakili Marwen Sitepu, kepada Ketua OMK Paroki Santa Maria Bunda Yesus Padang, Yosafat Fajar Sonika. Usai rangkaian acara penyambutan dan Perayaan Ekaristi berlangsung ramah-tamah di Aula Paroki dan halaman gereja, diawali santap malam bersama. Selanjutnya, berlangsung acara pentas seni dan gerak lagu bersama, sambutan dua ketua OMK.  

Dalam sambutannya, Pastor Paroki Santo Petrus Apostolus Padangpanjang, P. Enrique Sanchez Vazquez, SX yang juga pendamping OMK mengatakan, “Kami senang datang ke paroki ini, apalagi di antara warga OMK Padangpanjang perdana datang ke sini. Mereka terkejut karena melihat satu gereja yang besar, tetapi saya jelaskan kepada mereka inilah paroki tanpa gereja karena memakai bangunan sekolah Tirtonadi. Syukur pada Tuhan karena umat di paroki ini punya tempat untuk beribadah.”

P. Enrique mengatakan, “OMK Padangpanjang menerima dengan semangat kirab Salib IYD III 2023 pada Selasa (4/4) sore dari Paroki Bukittinggi. Banyak kegiatan terjadi di Paroki Padangpanjang dalam mempersiapkan Pekan Suci Paskah. Kami telah mengadakan satu kali novena, Minggu (9/4). Selebihnya, salib ‘terdiam’ di Paroki Padangpanjang. karena kami dua pastor melayani dua paroki dan dua stasi. Kami sangat menghayati beberapa pertemuan, baik OMK Payakumbuh-Bukittinggi, Bukittinggi-Stasi Panti dan Padang Panjang. Dan, hari ini, Senin (10/4) Padangpanjang-Paroki St. Maria Bunda Yesus Padang.”

Seksi Kepemudaan Paroki St. Maria Bunda Yesus Padang, Roesiham Salim Dawolo menyampaikan rangkaian kegiatan Kirab Salib IYD III Palembang selama 18 hari (10-28/4). Setelah Salib diterima (10/4), setiap hari dilaksanakan Novena (11-14/4), Salib diantarkan ke Kapel Jondul Rawang Wilayah Santo Paulinus (15/4). Selama empat hari, berlangsung Novena di Kapel Jondul (16-20/4). Salib diantar kembali ke pusat paroki (21/4). Sabtu (22/4) siang, Salib diantar ke Kapel Stasi St. Stefanus Sungaipisang selama dua hari (22-23/4). Di tempat ini, OMK setempat melaksanakan novena dan misa bersama. Salib dibawa kembali ke pusat paroki (23/4). Kamis (27/4) malam, Novena hari ke-9. Jumat (28/4), salib diantar ke Seminari Maria Nirmala Padang.  (ben)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *