Tugas perutusan Seksi Komunikasi Sosial (Komsos) Paroki St. Fransiskus Assisi Padang: mendampingi dan menjaga spiritualitas Katolik lembaga-lembaga komunikasi sosial maupun kelompok-kelompok kategorial di lingkup perutusan seksi Komsos. Selain itu juga mengkomunikasikan arah dasar, visi, misi, dan kebijakan paroki, baik melalui media tradisional maupun melalui media teknologi informasi (information technology).

Seksi Komsos Paroki ini didukung beberapa unit: (1) media digital, (2) media cetak, (3) sound system, dan (4) audio visual. Unit media digital mengelola pewartaan lewat media sosial paroki. Unit media cetak bertugas mengelola pewartaan melalui lembaran informasi paroki. Unit sound system melaksanakan pemeliharaan sound-system, AC, CCTV dan LCD Proyektor di dalam gereja/kapel agar tetap berfungsi dengan baik, sehingga mempermudah umat untuk mengikuti Perayaan Ekaristi. Unit audio-visual (fotografi dan videografi) bertugas mengarsipkan segala kegiatan dewan paroki dalam bentuk foto dan video.

Seksi Komsos Paroki St. Fransiskus Assisi Padangbaru resmi dibentuk saat Pelantikan Dewan Pengurus Gereja Paroki St. Fransiskus Assisi Padang masa bakti 2023-2026. Seksi ini merupakan seksi baru dalam kepengurusan DPP. Sebab itu ketersediaan peralatan masih minim, tetapi bukan berarti tidak bisa bekerja, setidaknya dengan menggunakan peralatan pribadi personil seksi komsos.  Tantangan lain yang sedang dihadapi seksi ini adalah jumlah personil yang dirasa masih kurang. Kami mengajak umat, khususnya OMK, yang berbakat dan bertalenta untuk berkontribusi untuk melayani lewat media pewartaan ini. Butuh pelatihan dan pembekalan para anggota agar semakin berkompeten. Kami ingin studi banding ke seksi komsos paroki lain bahkan keuskupan.

Seksi Komsos Paroki menggaungkan Digital Transformation dalam karya pewartaanya. Transformasi digital merupakan perubahan yang berhubungan dengan penerapan teknologi digital dalam semua aspek kehidupan umat. Saat ini sedang berlangsung “Warta Assisi” – dulunya bernama LIPS dalam format media cetak – namun sekarang menggunakan media digital untuk mengurangi penggunaan kertas. Warta Assisi ini terus dikembangkan dengan merancang suatu cara yang praktis agar Warta Assisi bisa sampai ke umat di rayon-rayon.

Di waktu mendatang, Seksi Komsos berencana membuat website paroki dan hal-hal lain yang berbasis android,  mengembangkan Instagram, TikTok, Youtube dengan konsisten. Kami juga berusaha merealisasikan harapan Pastor Paroki terkait dokumentasi sejarah paroki. Tentu saja, kami tidak dapat bekerja sendiri, butuh seksi-seksi lain di paroki, dan umat. Partisipasi umat sangat diperlukan; misalnya bila ada umat yang memiliki dokumentasi foto-foto lama bisa berkontribusi untuk melengkapi data-data terkait rencana dokumentasi sejarah. Lewat upaya ini umat mengetahui perkembangan gereja paroki dari awal hingga sekarang.  

Pelayanan Seksi Komsos merupakan ‘perpanjangan tangan’ Gereja. Pastor bersama dengan seksi Komsos ingin semua umat dapat dijangkau dalam karya pewartaan. Kehadiran seksi Komsos di paroki juga untuk mensupport seksi-seksi lain yang ada di paroki. Untuk kedepannya, harapan Pastor Paroki adalah komsos memiliki studio sendiri untuk tempat merekam sehingga komsos dapat memberikan informasi yang bukan hanya media cetak namun berupa media visual audio kepada umat paroki. Studio ini bisa digunakan untuk membuat live streaming atau video untuk mensosialisasikan informasi-informasi tertentu.

Dalam rangka Hari Komunikasi Sosial Sedunia ke-57 (21 Mei 2023), kami sedang merancang kegiatan yang mampu mengisi dan merangkul umat agar bisa mengambil bagian dalam momen ini. Saya berharap pada momen ini, Seksi Komsos bisa menjadi ‘garam’ yang mampu memberi rasa pada ‘makanan’ dan bermanfaat untuk paroki.

Saya menjadi insan komsos di paroki karena saya berpikir “apa yang bisa saya berikan untuk Gereja?” Jika berpikir tentang keterampilan, saya belumlah terampil, namun mau berkontribusi. Hal lain yang menguatkan saya sebagai insan komsos paroki: kita sebagai tim komsos tidak bekerja sendirian yang saling mendukung. Selain itu, saya melihat pastor paroki memiliki visi mendatang berkaitan pelayanan pewartaan melalui media komsos.

Rhony Sutanto
Koordinator Seksi Komunikasi Sosial/Komsos Paroki St. Fransiskus Assisi Padang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *