Cukup banyak di kalangan umat Paroki Santa Maria Bunda Yesus Padang yang mengetahui kami sebagai Tim Komsos Paroki. Namun, sebagian lagi, masih menganggap kami sebagai Tim Dokumentasi.  Ada pula yang mengira Tim Komsos Paroki adalah sama dengan Komsos Keuskupan Padang. Sehingga umat bersangkutan mengira kami adalah Tim Komsos Keuskupan yang diterjunkan ke paroki. Kami dianggap orang yang bekerja di Komsos Keuskupan Padang.

Untuk aktivitas atau kiprah kami sebagai Tim Komsos Paroki, memang hanya meliput acara-acara besar saja; misalnya Natal, Paskah, dan ulang tahun paroki. Kami, Seksi Komsos Paroki, baru terbentuk tahun silam (2022). Jujur, saat awal keterlibatan kami sebagai seksi komsos paroki, ada rasa bimbang dan berpikir, “Bisakah kami terlibat dan bekerjasama dengan umat?” Mengapa sempat terbersit dalam pikiran kami? Sebab, kami di tim komsos juga mempunyai kegiatan/aktivitas masing-masing: bekerja dan berkuliah. Selain itu, juga ada kegiatan di luar gereja. Namun, kami tetap jalani dan nikmati saja tanggungjawab yang diberikan paroki.  Hingga sekarang (April 2023), tugas yang kami lakukan sebagai Seksi Komsos Paroki adalah mendokumentasi, membuat laporan berita, serta bekerjasama dengan tim lain saat ada acara.

Selama melaksanakan tanggungjawab tersebut sebagai Seksi Komsos Paroki, saya merasakan tantangan internal. Paling sulit adalah mengajak kerjasama sebagai Tim Komsos. Untuk mengumpulkan kami, Tim Komsos, sungguh terasa sangat susah. Lebih utamanya karena jadwal kepentingan/urusan setiap kami tidak sama. Mungkin kalau hari Minggu akan lebih mudah, namun bila hari biasa, terasa sangat susah sekali untuk bertemu atau satu pertemuan. Selain itu, dirasakan perlu adanya upaya meningkatkan kemampuan/kapasitas kami sebagai Tim Komsos Paroki, misalnya pelatihan kemampuan berkomunikasi, berlatih fotografi dan videografis, teknik penulisan berita, pemanfaatan media sosial dan digital. Semoga rancangan yang bakal menjadi program kerja Seksi Komsos Paroki ini dapat terwujud, apalagi pastor paroki memberikan dukungan sepenuhnya pada bidang pewartaan ini. 

Yohanes ­Men­drofa
Seksi Komunikasi Sosial/Komsos Paroki Santa Maria Bunda Yesus Padang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *