Kala itu, sembari menunggu upacara pelepasan sebagai seorang mahasiswa, Sarno Cependi, S.Kom. (26) termotivasi menjalankan bisnis buah pinang iris. Sulung tiga bersaudara dari pasangan Bernadus Samaileppet dan Elsa Sarubei ini kerap mendengar keluhan masyarakat dan sanak saudaranya mengenai harga pinang yang rendah di kalangan pengepul. Padahal, di kampung halamannya, Desa Maileppet, terdapat banyak pohon pinang.

Kepala Divisi Pendidikan dan Kebudayaan Forum Mahasiswa Mentawai (FORMMA) periode 2022-2023 ini menyadari permulaan langkah baru bukanlah hal mudah. Orang Muda Katolik (OMK) Stasi Maileppet Paroki St. Maria Diangkat ke Sorga Siberut, Kepulauan Mentawai ini berniat mengubah pola pikir (mindset) masyarakat terhadap hasil alam yang bakal dijual kepada pengepul. Dirinya punya cara tersendiri keluar dari masalah yang dihadapi. “Dari berbagai kesulitan yang saya alami dan berupaya tetap konsisten dalam bisnis ini, maka perlu perhitungan/kalkulasi yang matang, pendidikan/edukasi yang pas pada masyarakat, melihat peluang, dan menambah jejaring dari berbagai daerah. Saya senang bila ada saran atau masukan baru, mau tetap belajar perihal bisnis pinang. Bila ada tantangan mesti saya lalui,” ucapnya bersemangat.

Alumni Universitas Metamedia (dahulu STMIK Indonesia) Padang tahun 2022 ini membuka rumah produksi, khususnya buah pinang. Muncul dampak/pengaruh bagi masyarakat setempat. Beberapa lowongan pekerjaan pun terbuka bagi masyarakat. Ketua Persatuan Mahasiswa Maileppet (PERMMAI) periode 2021-2023 ini berujar, “Nilai jual pinang – yang sebelumnya rendah – meningkat. Memang, usaha yang baru berlangsung hampir setahun terakhir ini masih lambat lajunya, akibat banyaknya perubahan harga pinang di pasaran. Saat ini, terjadi perubahan harga yang drastis di pasar buah pinang. Di tengah masyarakat masih terbiasa mengolah dengan cara lama yakni hanya membelah buah pinang. Mesti diambil langkah cepat untuk mengatasi masalah ini,” tandasnya. (and)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *