“Ayo guys! Yuk kita gabung OMK! Sepertinya kegiatannya asyik dan kita bisa lebih berbaur dengan teman-teman lain yang ada di gereja kita.” Begitulah bunyi seruan Agatha alumni SMA Santo Tarcisius Dumai 2023 kepada teman-temannya yang belajar Krisma untuk terlibat dalam OMK.

Gadis bernama lengkap Agatha Nathalia Marito Jaya (18) ini bercerita awal mula keterlibatannya dalam kegiatan menggereja. Saat itu dirinya mengikuti pembelajaran untuk persiapan Krisma, Agustus 2021. Kala itu, para peserta ditawarkan bergabung sebagai bagian kelompok kategorial Orang Muda Katolik (OMK). “Waktu itu, saya dan teman-teman tergabung dalam grup bernama ‘Cuwi-Cuwi Krisma’. Akhirnya, dari grup inilah muncul niat kami untuk gabung OMK,” kata Agatha.

Tak lama setelah bergabung, Agatha berkesempatan mengikuti kegiatan Sinode Bersama OMK. Setelah kegiatan, ternyata berlangsung pemilihan Ketua OMK Paroki St. Fransiskus Xaverius Dumai 2022–2023. Hasilnya, anak kedua dari tiga bersaudara pasangan Richcard Lubis dan Rehna Tarigan ini terpilih dengan perolehan suara terbanyak. Ia bersyukur diberikan kepercayaan menangani kepengurusan dan menjadi Ketua OMK.

Banyak hal positif didapatnya lewat keterlibatan menggereja. Penggemar aktivitas memasak ini juga menjadi salah satu anggota rombongan OMK Keuskupan Padang pada Indonesian Youth Day (IYD) III Palembang 2023. “Banyak hal saya peroleh dalam kegiatan OMK: menjadi orang yang lebih bersyukur dan banyak pelajaran bermakna. Di antaranya, sebagai anak muda hendaknya selalu mengandalkan Tuhan dalam setiap kegiatan dihidup. Juga, saya mendapat nilai positif yaitu memiliki sopan santun,” kata Agatha. (bud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *