PEKANBARU – Wanita Katolik RI Dewan Pimpinan Daerah (DPD) RIAU merayakan ulang tahun  ke-99 pada 29 Juni 2023 di Amera Hotel Pekanbaru. Perayaan diikuti 200-an anggota dari sembilan cabang; yakni Santa Maria Pekanbaru, Santo Paulus Pekanbaru, Santo Yosef Duri, Santo Fransiskus Xaverius Dumai, Santa Maria Ratu Rosari Bagan Batu, Santo Ignasius Loyola Pasirpengaraian, Santo Petrus Kotabatak, Santa Theresia Airmolek, serta Cabang Santo Yohanes Pembaptis Perawang – cabang termuda.

Perayaan ulang tahun dibuka dengan Perayaan Ekaristi dipimpin Pembimbing Rohani  P. Emilius Sakoikoi, Pr. bersama P. Otto P. Hasugian, Pr. Misa Kudus diiringi paduan suara anggota Wanita Katolik RI Cabang Santo Paulus Pekanbaru. Dalam homili, P. Emil mengingatkan anggota dan pengurus Wanita Katolik RI atas perannya yang mesti tampak secara internal; misalnya pelayanan dalam keluarga, Gereja – terlibat dalam pelayanan gerejani. “Kunjungilah sesama yang sakit! Bantulah mereka yang berkesusahan! Bila terlibat dalam Dewan Pastoral Paroki, jadilah pemersatu bukan pemecah! Kalau ada hal yang tidak sesuai, bicarakan dengan pastor, sebab pastorlah ahli liturgi!” ujar P. Emil.

Vikaris Episkopalis Riau ini menambahkan, “Selain pelayanan internal, juga dikembangkan pelayanan eksternal; misalnya terlibat dalam gotong royong di Rukun Tetangga (RT), Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), pembagian takjil pada Bulan Ramadan bagi saudara yang sedang berpuasa. Buatlah program-program lebih bervariasi, tidak hanya program senam. Terkait keterlibatan Wanita Katolik RI dalam dunia politik, saya mendorong anggota dan pengurus terlibat dalam pembangunan masyarakat. Berilah dukungan sepenuhnya bagi para calon legislatif (caleg) dari antara kita!”

Dalam perayaan ulang tahun ini, diselenggarakan beberapa kegiatan; antara lain lomba senam secara virtual, lomba ucapan melalui aplikasi Tiktok, peragaan busana (fashion show) pakaian Wanita Katolik RI. Pada kesempatan ini berlangsung penandatanganan Piagam Kerja Sama (PKS) antara Wanita Katolik RI DPD Riau dengan RS Santa Maria Pekanbaru, berkaitan pelayanan kesehatan. Sebagaimana tertera dalam PKS tersebut diberikan potongan harga atau diskon tersendiri bagi anggota Wanita Katolik RI yang mempunyai kartu anggota. Di perayaan ulang tahun ke-99 ini, Tim RS Santa Maria juga memberikan pelayanan kesehatan tanda-tanda vital (TTV) dan pengecekan gula darah.

Presidium 1 Wanita Katolik RI DPD Riau, Ancila Esmina Napitupulu menyapa semua anggota yang hadir dan terlibat dalam perayaan ulang tahun ini. “DPD sadari masih banyak ‘pekerjaan rumah’ (PR) yang harus dilaksanakan di tengah masyarakat, sebagai perwujudan dari program-program yang telah dibuat saat Konferensi Daerah (Konferda) tahun lalu,” ucap Ancila lagi.

Berkaitan penyelenggaraan ulang tahun ini, sebagian besar pendanaan berasal dari swadaya anggota dengan urunan, seturut kemampuan masing-masing. Perayaan berlangsung meriah dengan adanya tor-tor Batak, lucky-prize, dan penilaian bagi anggota yang berkebaya terfavorit. Sesungguhnya, perayaan ulang tahun pada 26 Juli 2023. (rosa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *