PADANG – Beberapa hari jelang Tahbisan Tiga Diakon Keuskupan Padang, Panitia menyelenggarakan Aksi Panggilan yang ditujukan kepada ‘bocah cilik’ (bocil) TK/PAUD hingga kelas IV sekolah dasar (SD) di Puri Dharma Katedral Padang, Minggu (30/7) pagi. Dua minggu sebelumnya (16/7), aksi panggilan diselenggarakan di Stasi Sungaipisang Paroki St. Maria Bunda Yesus Tirtonadi Padang.

Aksi panggilan diikuti 125 peserta melibatkan banyak pihak. Selain tiga frater yang ditahbiskan sebagai diakon, juga terlibat beberapa seminaris Kelas Retorika Seminari Menengah Maria Nirmala Keuskupan Padang dan Kelas Persiapan Pertama (KPP), sejumlah pendamping PAUD/BIA, suster SCMM dan ALI, serta panitia. Tiga frater yang akan ditahbiskan sebagai diakon yakni Fr. Thery Cholma Bancin, Fr. Benediktus Bagus Hanggoro Kasih, dan Fr. Antonius Roy Basuki.

Dalam kesempatan ini, selain perkenalan tiga figur frater yang ditahbiskan, juga berlangsung dinamika kelompok, lomba mewarnai ilustrasi figur pastor dan suster, nyanyi bersama. Juga disampaikan Fr. Thery mengenai sekilas informasi tentang panggilan sebagai calon pastor dan lama pendidikan yang mesti ditempuh. Di kesempatan ini, Fr. Roy mengajak para bocil yang punya ketertarikan mengikuti langkahnya menjadi pastor atau suster kelak. 

Sementara itu, Fr. Bagus minta umat dan peserta mendoakan diakon baru yang kelak menjadi seorang imam. Peserta KPP dan Retorika ikut sumbang suara dalam paduan suara. Terakhir, seluruh rangkaian acara ditutup dengan doa penutup serta berkat bagi peserta anak PAUD-BIA oleh Pastor Paroki Katedral Padang, P. Matheus Tatebburuk, Pr.
Pastor Matheus menyambut baik penyelenggaraan aksi panggilan ini. “Agar anak-anak mengenal panggilan sedari usia dini. Saya gembira atas inisiatif panitia menyelenggarakan aksi panggilan ini. Di masa mendatang, upaya semacam ini akan terus dilakukan dan digaungkan, mulai dari usia dini hingga dewasa,” ucap P. Matheus saat dimintai komentarnya oleh GEMA. (hrd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *