Lidah buaya (aloe vera) umum ditemukan di berbagai tempat. Tanaman ini dapat tumbuh liar di iklim tropis, semi tropis, dan gersang di seluruh dunia. Lidah buaya mungkin menyerupai kaktus. Tetapi, secara taksonomi, lidah buaya termasuk dalam famili Asphodelaceae, bukan famili kaktus atau Cactaceae.

Dalam dunia kesehatan, sejarah lidah buaya sebagai pengobatan ditemukan pertama kali pada tablet peninggalan Mesopotamia bertahun 2100 SM menurut buku Herbal Medicine: Biomolecular and Clinical Aspects. Namun, penjelasan manfaatnya sebagai tanaman obat baru ditemukan dalam dokumen Mesir sekitar tahun 1550 SM. Di era modern, lidah buaya diolah menjadi berbagai produk; misalnya krim, gel, jus, dan formulasi lain untuk tujuan kesehatan, pengobatan dan kecantikan. Studi dalam BioMed Research International menunjukkan, ekstrak lidah buaya memiliki sifat antiseptik, anti-inflamasi, dan analgesik ketika dioleskan.

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan tidak diragukan lagi. Tidak hanya bagi tubuh, tanaman yang satu ini juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Ada sejumlah permasalahan pada rambut dan kulit kepala yang bisa ditangani dengan memanfaatkan lidah buaya. Hal itu berkat kandungan nutrisi yang ada di dalam tanaman ini.

Lidah buaya memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala, yaitu vitamin A, B12, C, dan E. Anda bisa mendapatkan khasiat tanaman ini dengan menjadikannya masker rambut. Berikut manfaat lidah buaya untuk kesehatan rambut dan kulit kepala:
· Mengatasi Gatal
Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan munculnya rasa gatal pada kulit kepala. Selain mengetahui penyebab dan cara mengatasinya, penting juga untuk mencari tahu cara meredakan gatal. Mengoleskan lidah buaya pada kulit kepala bisa menjadi salah satu caranya.
· Mengontrol Minyak
Salah satu permasalahan pada rambut adalah mudah terlihat lepek dan tidak sehat. Kondisi tersebut bisa muncul akibat produksi minyak yang berlebihan dan penggunaan gel atau bagian daging dari tanaman lidah buaya secara rutin bisa mengontrol hal tersebut.
· Mengatasi Rontok dan Rambut Bercabang
Rambut rontok dan bercabang juga bisa ditangani dengan lidah buaya. Tidak perlu menggunakan bahan-bahan yang mahal dan sulit. Kamu hanya perlu mencuci bersih lidah buaya, kemudian ambil bagian gel atau dagingnya untuk dioleskan pada rambut dan kulit kepala. Kandungan dalam tanaman ini bisa menguatkan akar rambut, sehingga mengurangi rontok.
· Rambut yang Lebih Sehat
Manfaat lidah buaya pada rambut akan terlihat jika perawatan dilakukan secara rutin dan konsisten. Setelah beberapa saat, penggunaan tanaman ini bisa membuat rambut terlihat lebih sehat, indah, dan kuat. Pastikan juga untuk melengkapinya dengan menggunakan produk yang sesuai dengan rambut dan menghindari hal-hal yang bisa memicu kerusakan.

Ada beberapa risiko saat menggunakan lidah buaya pada rambut dan kulit. Bagi beberapa orang, lidah buaya dapat menyebabkan alergi dan mengalami ruam kulit. Maka, sebelum menggunakan lidah buaya, gosokkan sedikit lidah buaya di bagian dalam pergelangan tangan. Tunggu hingga dua jam untuk melihat apakah ada reaksi alergi. Jika Anda menggunakan krim steroid, seperti hidrokortison, berhati-hatilah dengan lidah buaya karena dapat meningkatkan jumlah kortison yang diserap oleh kulit Anda.(ist)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *