Usai misa kudus para pengurus PSKP mengadakan kegiatan ramah tamah di Gedung Paroki St. Fransiskus Assisi
Pada kesempatan ini Turut hadir Pastor Petrus Hardiyanto, SX. selaku Pastor Kepala Paroki sekaligus Pembina PSKP Santu Yusuf Cabang.
Dalam ramah tamah ini, Ketua MPAP, Herwin Hamzar merasa bahagia karena bisa berkumpul bersama pada hari ini, dan mengucapkan terima kasih kepada John Amos Sembiring, SKM, M.Kes. atas pelayanan yang telah diberikan dalam masa bakti 2019-2023”Selamat untuk ketua dan para pengurus baru, berharap dengan adanya ketua baru, program-program PSKP dapat berjalan dengan baik,” ucapnya.

Dalam sambutannya John Amos Sembiring, SKM, M.Kes. mengucapkan selamat pada pengurus yang baru dilantik. “Selamat untuk para pengurus baru, mari kita menjalin kerjasama, sesuai dengan janji yang telah kita ucapkan tadi. Jangan hanya kita baca dan ucapkan saja, namun bisa kita jalankan. Sukses untuk pengurus baru!” kata Amos.

Hal serupa juga disampaikan oleh Ketua BPC Paroki Santa Maria Bunda Yesus, Bernardus Karyadi, S.Ag. yang turut mengucapkan selamat pada Lucia Lie Siok Lie Sembiring sebagai Ketua BPC Paroki St. Fransiskus Assisi Padangbaru periode 2023-2027. “Selamat melayani selama hidup sampai mati. Selamat untuk kita semua semoga Tuhan senantiasa memberkati upaya baik kita,” Kata Bernardus.

Momen ini merupakan momen yang sangat luar biasa bagi kita dan juga pada hari ini bertepatan dengan minggu misi. Bagi kita anggota PSKP, ini juga merupakan misi bagi gereja untuk mewartakan injil Tuhan dengan cara melayani dan memberikan segalanya bagi banyak orang. “Pada momen yang bahagia ini kita merasakah bahwa Tuhan juga hadir bersama kita. Tuhan memberikan kekuatan di dalam kegiatan kita untuk melayani. Oleh sebab itu, kita patut bersyukur karena dengan rahmat-Nya PSKP dapat berguna untuk masyarakat. Satu hal yang kita ketahui untuk PSKP Santu Yusuf Cabang Fransikus Assisi ini yang sudah berumur 22 tahun sejak April 2001, yaitu ini momen pertama seorang wanita memimpin perkumpulan ini. Harapannya dengan ketua yang baru ini, dapat membuat gebrakan agar PSKP ini dapat berkembang menjadi lebih baik lagi,” Ucap Ketua BPP PSKP Santu Yusuf Drs. Tjandra Gunawan.

Lucia Lie Siok Lie Sembiring selaku Ketua BPC baru mengatakan bahwa sebetulnya belum siap untuk memegang tanggung jawab ini, namun ini merupakan panggilan baginya untuk melayani umat. Ia berharap dengan kerjasama antar pengurus dan bimbingan dari pendahulunya, PSKP Cabang St. Fransiskus Assisi menjadi lebih baik lagi.

Sementara itu, Pembina PSKP Santu Yusuf, P. Petrus Hardiyanto, SX. dalam sambutannya mengatakan bahwa para pengurus dilantik bertepatan dengan Minggu Misi. Jika kita maknai maka ini akan menjadi sesuatu yang sangat tepat bahwa membangun dengan membawa semangat misi untuk PSKP. Selain itu, Pastor Petrus berpesan bahwa pada tahun ini Keuskupan Padang menjalani Tahun Komunitas Basis Gerejawi yang mengharuskan kita berdoa, merenungkan sabda, memberikan aksi nyata dan memiliki kesatuan dalam gereja. 

“Perkumpulan ini memilih nama Santu Yusuf yang terberkati kematiannya. Pada saat ia wafat, ada kehadiran Bunda Maria dan ada Tuhan Yesus sendiri dan dimakamkan dengan sebaik-baiknya. Oleh sebab itu PSKP sangat membantu sekali dalam hal pemakaman. ”Diharapkan para angggota PSKP nantinya dapat memberikan penyuluhan kepada umat agar dapat memudahkan umat ketika ada yang berduka,” tegas Pastor Petrus.

Dipenghujung kegiatan ramah tamah, anggota PSKP, Matias Hariyadi menyampaikan pertanyaan reflektif terkait penggunaan nama Santu Yusuf sebagai nama pelindung perkumpulan ini. “Mengapa Santu Yusuf? Jika dibandingkan dengan Tuhan Yesus diangkat ke Surga, begitupun dengan Bunda Maria. Lalu bagaimana dengan Santu Yususf?” Hal ini ditanggapi oleh Bernardus Karyadi, S.Ag. “Nama Santu Yusuf digunakan karena Santu Yusuf-lah yang mendampingi Keluarga Kudus Yesus dan Santu Yusuf merupakan pribadi yang istimewa. Sosok yang tidak banyak bicara namun banyak bekerja. Begitulah PSKP Santu Yusuf , lebih banyak melayani daripada berbicara,” tutupnya. (and)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *