Damarce Erfindo Barus (23) dipercaya sebagai Ketua Orang Muda Katolik (OMK) Stasi St. Monika Mejuah-juah, Paroki St. Paulus Pekanbaru sejak tahun 2019 hingga kini. Ia terpilih menjadi ketua OMK ketika pembina dan pengurus OMK Paroki berkunjung ke stasi pada pertemuan Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN).

Damar panggilannya, mengaku ingin membangkitkan OMK di Stasi St. Monika Mejuah-juah, agar makin kompak dan bertumbuh dalam imam. “Tantangan yang saya hadapi saat ini, teman-teman kurang memberian diri dalam kegiatan OMK. Ketika ada kegiatan stasi maupun diluar stasi, OMK kami pun terbatas yang datang. Karena teman-teman ada yang bekerja diluar kota dan sibuk kegiatan sekolah,” ucapnya.

Pemuda kelahiran Bukum, 19 Maret 2000 ini merupakan anak dari pasangan Markus Barus (47) dan Ernawati Tarigan (41). Kegiatan OMK yang pernah dilakukan adalah ikut serta dalam kegiatan di paroki atau pun di luar paroki, kunjungan ke stasi-stasi, menjadi petugas tata liturgi dalam Parayaan Ekaristi, dan bergotong royong membersihkan gereja. Rencana OMK ke depan membuat kolam ikan dan berkebun menamam ubi disekitar gereja.

Damar percaya diri tampil dan berbicara di depan orang banyak dan tidak marasa malu lagi karena pelayanan dalam menggereja sehingga ia sudah biasa dan terlatih. Selain itu, motivasi melayani di gereja dukungan dari keluarga dan semangat dalam diri sendiri. Harapan saya OMK di stasi kami semakin kompak dan ikut serta dalam kegiatan di luar stasi maupun paroki,” kata Damar mengakhiri. (ben)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *